JonelleSkeyh


Hey

Last Login -6565800seconds ago

Basic Member



Mandi Wajib

Mandi Wajib

Date 2017-08-23 09:48:08 09:48:08

http://blog.bersiap.com

Mandi Wajib

Mandi Junub adalah pekerjaan untuk membersihkan diri dari hadas besar. Tujuannya adalah untuk memu ikan tubuh agar bisa melakukan ibadah semestinya. Bagi umat Islam yang sudah dewasa, dicuci dari muka mukanya dengan bak mandi junub yaitu satu kaharusan.

Tak hanya perintah religius, mandi tentu saja bermanfaat bagi kesehatan. Selesaikan beberapa hal yang berakibat pada mandi sebaiknya, sebagian besar tubuh bisa merasa lelah dan tidak bugar. Dengan air rata siram ke seluruh tubuh sehingga bisa membuat tubuh kembali segar lakoni kesibukan.


Ibadah yang satu ini memiliki kemauan sendiri, tapi tidak semua pekerjaan mandi diklasifikasikan bak mandi junub. Ini hanya dilakukan jika seseorang melakukan lima hal berikutnya. Apa saja hal yang membutuhkan mandi junub? Inilah rangkumannya.

1. Keluar Mani
Entah niat atau tidak, air mani ada mengharuskan seseorang untuk membasmi junub. Begitu pula saat air mani keluar baik dalam kondisi tidur maupun bangun, maka orang tersebut tetap harus membasmi junub. Rasulullah SAW dalam satu riwayat mengatakan, dari Ali bin Abi Thalib ra. Rasulullah SAW bersabda, "Saat air mani memancar, maka mandilah". HR. Abu Duad.

Selain itu saat air mani keluar nafsu melalui mimpi tapi tidak ada tanda air mani sehingga seseorang tidak perlu mandi junub. Itu harus ada saat ada air mani yang tersisa. Ka a yang memastikan bahwa keluar atau tidaknya air mani, bukanlah mimpi

2. Setelah Suami Suami Terkait
Setelah suami dan istri berhubungan maka keduanya harus mandi sebaiknya. Meski tidak keluar dari air mani, namun suami dan istri tetap harus mandi junub. Hal ini sesuai dengan hadis nabi yang berarti "Bila kedua jenis kelamin itu pasti harus mandi."

3. Setelah Menstruasi atau Nifas
Menstruasi adalah siklus bulanan yang dirasakan oleh wanita dewasa. Rawan pada masa menstruasi sehingga wanita tidak bisa melakukan ibadah semestinya seperti sholat atau puasa. Setelah menstruasi selesai, hanya diperbolehkan sekali lagi untuk memindahkan ibadah, tapi dengan syarat mandi harus terlebih dahulu.

Begitu juga saat persalinan, yaitu keluar dari rahim akibat persalinan atau setelah melahirkan. Biasanya wanita ini merasa sepanjang 40 hari setelah melahirkan. Sama seperti saat haid, saat melahirkan juga wanita dilarang melakukan ibadah semestinya. Tapi Anda harus terlebih dahulu mandi.

4. Saat Memasuki Islam Jadi Muallaf
Seseorang bertobat dan baru masuk Islam jadi pasti untuk dia janabah mandi atau junub. Hal ini didasarkan pada apa yang dipenuhi oleh Rasulullah SAW saat Tsumamah al-Hanafi masuk Islam. Dia diperintahkan untuk mandi dan berdoa dua rakaat. Saat itu dia berkata, "Masukkan kakakmu itu kakak yang baik."

5. Meninggal
Bila kematian seseorang harus dimandikan sebelum dikafani dan dimakamkan. Tapi tujuan yang dimandikan disini adalah mandi oleh sesama muslim yang berbeda, karena tubuh tidak mungkin mandi sendiri.

Agama Islam sangat mengutamakan pengikutnya untuk melindungi kebersihan. Saat mereka bisa sholat, umat Islam harus berwudhu untuk melepaskan cuciannya. Suatu saat di junub, setelah menstruasi dan persalinan, mereka harus mandi sebelum melakukan ibadah.

Baik wudhu dan proses mandi harus memiliki ketentuan khusus. Jika wudu memiliki enam pilar, maka tidak sama dengan bak junub. Melakukan mandi junub bukan hanya pemandian umum, tapi juga memiliki serangkaian langkah dan praktik yang perlu dilakukan.


Pesan Rasulullah SAW kepada wanita Muslim saat mencuci harus diperhatikan 8 amalan ini. Jika tidak membersihkan tubuh, praktik ini dapat didaftarkan sebagai hadiah untuk mengikuti ajaran Rasul-Nya.

1. Berdoa Sebelum Memasuki Ruangan
Berdoa adalah sebuah praktik yang tidak bisa ditinggalkan jika akan melakukan atau setelah melakukan sesuatu. Tidak kecuali saat pergi ke kamar mandi, ada doa pribadi yang harus dipikirkan pria dan wanita.

Seperti di ketahui apakah kamar mandi adalah tempat buang air besar baik besar maupun kecil. Dengan itu, Nabi menyarankan untuk berdoa saat masuk dan keluar dari kamar mandi. Tujuannya adalah untuk meminta perlindungan dari godaan pria dan wanita syaitan.

2. Mulailah dengan Will dan Sholawat Badar Baca Basmallah
Setiap hal harus dilakukan dengan kemauan untuk memulai dan membaca basmallah. Apalagi sekali lagi ini akan menjadi pembeda di common bath dengan mandi. Hal ini sesuai dengan kata-kata Nabi SAW:


3. Bersihkan telapak tangan terutama 3 kali
Hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan tangan terlebih dahulu sekitar 3x. Hal ini seperti yang diceritakan oleh Aisyah ra
0 Comments

Would you like to..


View Profile


Send Message


Send Wink


arabicchinesecroatianenglishgermanpolishromanianrussianswedishturkey